Home BERITA TERKINI Kapolres Kebumen : Waspadai Informasi di Sosmed Yang Menyesatkan

Kapolres Kebumen : Waspadai Informasi di Sosmed Yang Menyesatkan

348
0

KEBUMEN – Kepala Kepolisian Resor Kebumen AKBP Alpen, SH, SIK, MH melalui Kassubag Humas AKP Willy Budiyanto, SH, MH menghimbau masyarakat Kebumen untuk mewaspadai maraknya isu atau kabar yang tidak jelas kebenarannya di media sosial akhir-akhir ini. “Di media sosial seperti facebook akhir-akhir ini banyak beredar gambar atau foto tentang aksi penculikan terhadap anak-anak yang menggunakan logo institusi Kepolisian sehingga seakan akan kabar itu bersumber dari Kepolisian. Padahal hal itu tidak benar.” jelas AKP Willy.

“Hal itu dapat membuat masyarakat resah dan yang lebih kami (Kepolisian) khawatirkan dapat memicu aksi masyarakat yang berlebihan dan menimbulkan kerugian baik materi bahkan jiwa seseorang seperti penganiayaan yang mengakibatkan luka bahkan meninggal dunia.” lanjut AKP Willy di ruang kerja nya, Rabu (8/3/17).  “Ketika peristiwa tersebut terjadi, maka banyak orang yang dirugikan.

Yang pertama orang yang menjadi korban penganiayaan, selanjutnya, orang yang melakukan penganiayaan, karena mereka harus mempertanggungjawabkan perbuatan nya di muka hukum.” kata AKP Willy.
HOAXMenurut AKP Willy, sampai saat ini di wilayah hukum Polres Kebumen tidak ada catatan tentang laporan kasus penculikan anak-anak kecil. “Ada beberapa kasus kehilangan anak namun setelah dilakukan penyelidikan atau anak yang dilaporkan hilang itu telah kembali, ternyata para “korban” pergi atas kemauan sendiri atau diajak teman dan pasangan nya, jadi bukan diculik untuk diambil organ tubuh nya seperti yang ramai dibicarakan. Ada beberapa kasus juga yang ternyata anak atau orang itu bingung tidak tahu arah pulang ke rumahnya.” papar Kasubbag Humas.

Menjawab pertanyaan langkah – langkah terbaik yang bisa dilakukan masyarakat terkait isu tersebut, secara singkat AKP Willy menjelaskan, “Masyarakat agar meneliti dan meyeleksi berita, tidak tergesa-gesa dalam memutuskan masalah baik dalam hal hukum, kebijakan dan sebagainya hingga jelas benar permasalahannya.

Toko Komputer Online

Dan menyaring setiap informasi atau kabar yang tidak jelas sumbernya. Termasuk juga tidak mudah men-share berita atau informasi broadcast dari grup-grup aplikasi komunikasi seperti whatsapp dan sebagainya yang tidak jelas sumbernya.Tetap waspada terhadap kemungkinan – kemungkinan gangguan keamanan yang bisa mengancam keselamatan anggota keluarga khusunya anak-anak. Kemungkinan terjadi aksi penculikan tetap ada. Oleh karena itu, kita wajib melakukan pengawasan dan kontrol terhadap anak-anak kita. Dan yang paling penting adalah melaporkan kepada Kepolisian terdekat bila menjumpai hal – hal yang mencurigakan di lingkungan nya.” (Humas Res Kebumen)

Sumber : www.tribratanews-polreskebumen.com

Kursus Privat Komputer dan Service Komputer Panggilan di Gombong dan Sekitarnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here